09/01/17

Khasiat Daun Sukun Bagi Jantung dan Pembuluh Darah

Tidak hanya buahnya yang enak bila digoreng atau direbus, ternyata daun sukun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dalam penelitian yang pernah dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), disimpulkan bahwa daun sukun sangat berkhasiat bagi kesehatan, terutama bagi jantung dan pembuluh darah.

Tjandrawati M Ozef dan rekan-rekan dari LIPI melakukan penelitian panjang sejak 2004. Dalam penelitian itu, daun sukun dibuat menjadi ekstrak. Komponen hasil ekstraksi dengan etanol, yakni tiga senyawa flavonoid dan beta-sitoserol tersebut yang kemudian diteliti khasiatnya.

Uji khasiat secara in vitro (dalam lingkungan buatan) maupun in vivo (dalam tubuh hidup) terhadap ekstrak tanaman tersebut menunjukkan hasil sangat baik. Studi in vivo, misalnya, menyimpulkan bahwa ekstrak etil asetat yang mengandung flavonoid dan beta-sitoserol dengan perbandingan 100 mg/kg dan 20 mg/kg dapat menghambat agresi platelet, mengurangi viskositas darah, dan melindungi melindungi jantung dari iskemia yang akut.

Betapa sangat bermanfaat daun sukun bagi kesehatan. Oleh karena itu, bagi para sahabat yang ingin mengambil manfaat dari daun sukun, kini tersedia Teh Daun Sukun. Per kotak berisi 20 kantung celup teh harganya Rp.20.000.

Monggo, bila ingin pesan dapat SMS/WA ke 085-7010-73737. Bagi sahabat yang tinggal di Jogja bisa COD. Bagi sahabat yang tinggal di luar Jogja, pesanan dapat dikirim dengan Pos atau agen pengiriman yang lain.

Matur nuwun…

30 komentar:

  1. belum pernah nyobain teh daun sukun seperti apa rasanya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya tidak begitu beda dengan teh pada umumnya kok, Mbak Santi Dewi, hanya saja manfaatnya yang sangat berbeda.

      Hapus
  2. BAru tahu kalau daunnya ternyata sangat berkhasiat :) makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Wahyu Widyaningrum, ternyata daun sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan.

      Hapus
  3. ih aku baru tau ada teh dari daun sukun, jadi pengen nyoba bikin hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Ami Hamni, udah gitu bermanfaat banget buat kesehatan lagi.

      Hapus
  4. Baru tahu juga ttng khasiat daun sukun. Udah dibikin teh lagi.. Ngertinya sukun goreng yang gurih ☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka sukun goreng, Mbak Sulis (Bunda Raka-Alya), hehehe.
      Dengan dibuat teh maka khasiat daun sukun lebih mudah kita peroleh ya, Mbak.

      Hapus
  5. kalau buah sukun sudah tak asing sih, emang rasanya enak direbus, digoreng atau di olah menjadi keripik
    tapi kalau daunnya di olah jadi teh, wew belum pernah tahu rasanya, cuma tentang khasiatnya ya sudah pernah dengar
    semoga makin banyak yang sehat setelah mengkonsumsi teh daun sukun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak Maya, semoga semakin banyak yang merasakan manfaat dari daun sukun ini, terutama setelah adanya teh daun sukun sehingga lebih mudah bagi masyarakat secara umum.

      Hapus
  6. Manfaat daun sukun ini harus sering2 dikenalkan ke masayarakat luas nih, agar semakin dikenal khasiatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Vety Fakhrudin, semoga di antaranya melalui tulisan di blog ini manfaat daun sukun semakin dikenal masyarakat secara luas.

      Hapus
  7. Wah.. baru tau ternyata manfaatnya bagus banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga belum lama mengetahuinya, Mas Rudi Chandra, ternyata daun sukun sangat bermanfaat untuk kesehatan.

      Hapus
  8. Bagus banget buat kesehatan jantung, lebih baik mencegah dari pada mengobati yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, MazToro, tetangga saya juga memanfaatkannya agar sakit jantungnya semakin sembuh.

      Hapus
  9. Wah ada ya sekarang daun sukun dalam kemasan teh. Jadi lebih praktis minumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, Mbak Nita Lana Faera, jadi lebih praktis bila ingin mengambil manfaat dari daun sukun.

      Hapus
  10. Iuhh gimana rasanya coba teh daun sukun. Sepet pasti tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak, Mas Riza Alhusna, tidak sepet kok.

      Hapus
  11. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Amazzet....

    Ternyata teknologi moden kini bisa melakukan yang dulunya tidak terfikir akan diminum seperti daun sukun yang dibuah teh ya. Kalau saya, suka isi sukun dibuat goreng tanpa tepungnya.

    Informasi yang menarik dan salam tazkim dari Sarikei, Sarawak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumusalam wr.wb.

      Alhamdulillaah..., benar sekali, Mbak Fatimah, kemampuan teknologi modern akhirnya bisa memanfaatkan sesuatu yang dahulu belum terpikirkan kalau hal itu bermanfaat. Hehe, saya juga suka sukun goreng.

      Makasih banyak ya, Mbak, salam balik dari Jogja.

      Hapus
  12. baru tau ini khasiat daun Sukun, kalo buah sukunnya sih pernah makan.. enak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang belum terlalu lama kok, Mbak Neisia Larasati, ikhwal pemanfaatan daun sukun ini.

      Hapus
  13. Baruu tauu kalau daun sukunn baikk buat kesehataan. . Tfs info dan ilmunyaaa 😁😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ya, Mbak Lucky Caesar, makasih banyak juga ya telah singgah kemari.

      Hapus
  14. Wah aku baru tau nih daun sukun bagus untuk kesehatan.. Makasi sharingnya maaaas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya neh, Mbak Adriana Dian, daun sukun bagus untuk kesehatan. Makasih juga ya, Mbak, telah singgah ke blog sederhana ini.

      Hapus
  15. sukunnya saja sudah enak ya, daunnya sepertinya enak dijadikan teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kok, Mbak Evrinasp, rasanya teh daun sukun, dah gitu bermanfaat lagi.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...