01/04/19

Daun Sukun Bermanfaat untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Teh Daun Sukun yang Kaya Manfaat.
Sukun, lebih dikenal di masyarakat untuk dimanfaatkan buahnya. Ya, buah sukun memang enak rasanya bila dikukus, direbus, digoreng, dibuat keripik, bahkan dibuat kolak pun oke.

Akan tetapi, tidak hanya buahnya, daun sukun sesungguhnya juga kaya akan manfaat. Dalam beberapa penelitian, ditemukan daun sukun memiliki kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Kandungan nutrisi yang dimaksud adalah asam hidrosianat, aseticolin, tannin, dan riboflavin. Dengan beberapa kandungan nutrisi tersebut, daun sukun diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah. Daun sukun juga digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit ginjal.

Demikian juga kandungan kalium yang ada pada daun sukun bermanfaat untuk menguraikan endapan ginjal yang dinamakan ca-oksalat. Sehingga, ca-oksalat nantinya akan larut dan terbuang bersamaan dengan air urine.

Manfaat daun sukun yang lain adalah bisa digunakan sebagai pengobatan penyakit jantung. Daun sukun yang mengandung flavonoid dan sitosterol dipercaya dapat membantu penderita penyakit jantung untuk melancarkan pembuluh darah.

Daun sukun juga dapat bermanfaat sebagai pencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan daun sukun bermanfaat mencegah inflamasi atau mencegah peradangan. Oleh sebab itu, daun sukun juga sering disebut sebagai anti-inflamasi.

Demikianlah di antara manfaat yang luar biasa dari daun sukun. Bagi sahabat yang ingin mengambil manfaat dari daun sukun secara praktis, kini tersedia teh daun sukun. Silakan WA ke 0857-1207-5009. Per kotak isi 20 kantong harga Rp.25.000. Semoga bermanfaat. 

18 komentar:

  1. Sempat dengar dari orangtua daun sukun baik untuk kesehatan ya... makasi sharingnya kang bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak Vika Hamidah, daun sukun memang baik untuk kesehatan. Sama-sama ya, Mbak, makasih juga atas kunjungannya.

      Hapus
    2. Kalau di rumah saya sering sekali dijadikan keripik sukun begitu dan dimakan ramai ramai bersama dengan keluarga. Memang kasiatnya banyak sekali, apalagi daunnya pasti sehat

      Hapus
    3. Kalo lagi rame-rame makan keripik sukun rasanya tambah sip ya, Mas Andrie.

      Hapus
  2. kalau asam urat dan asam lambung, ampuh ngak Mas pakai Obat ini ? terus kalau kantong kering gimana, bisa sembuh ngak dengan obat ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam beberapa penelitian memang daun sukun juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan asam urat dan asam lambung. Kalau kantong kering tentu ini sangat terkait dengan bila badannya sehat maka akan semangat pula menjemput rezeki. Begitu Kang Nata, hehe.

      Hapus
  3. Sungguh luar biasa ya, manfaat daun sukun. Semoga usahanya laris manaid dan jaya terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bang, banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Makasih banyak ya, Bang, atas doanya. Aamiin ya Kariim...

      Hapus
  4. Sekarang dalam kemasan modern sudah ada ekstrak daun sukun, ngga perlu repot-repot lagi mencari pohon sukun dan daunnya.
    Praktis, ya ...


    Dikotaku sudah sangat jarang ditemui, warga yang menaman pohon sukun di halaman tumahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mas Himawan, sekarang menikmati dan mengambil manfaat dari daun sukun yang menyehatkan jadi lebih praktis.

      Hapus
  5. Ohh jadi ada manfaatnya yah. Jadi baru tau nih hihi. Biasanya mah obat ya beli. Hihi kalo ada tetangga yg butuh skrang bsa ngasih rujukan ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip, Mbak Bintang, monggo dikasih rujukan bila ada tetangga yang membutuhkan.

      Hapus
  6. Eh, ada manfaatnya toh. Mantap, nambah wawasan ini. Thank u ya postingannya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mas, semoga manfaat daun sukun semakin bisa dirasakan oleh banyak orang yang membutuhkan.

      Hapus
  7. Baru kali ini saya mendengar kalo daun sukun bisa dijadikan minuman yang berkhasiat buat kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul sekali, daun sukun bisa dijadikan minuman yang banyak sekali manfaatnya buat kesehatan.

      Hapus
  8. Banyak juga manfaatnya, ya, pak. Kalau orang-orang disekitar tempat tinggal saya, kayaknya yang paling sering dilah juga baru buahnya saja. Plus kayu untuk bahan bakar. Kalau dauh, seprtinya belum ada yang tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memanfaatkan daun sukun memang belum banyak dilakukan di kalangan masyarakat, Mas Wisnu, yang paling banyak memanfaatkan buahnya.

      Hapus