03/11/16

Sukun: Buahnya Enak, Daunnya Bermanfaat

Teh Daun Sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan
Buah sukun enak sekali rasanya. Dikukus enak. Digoreng juga nikmat. Apalagi dinikmati saat hujan gerimis sambil mereguk sedikit demi sedikit teh hangat. Hmm, nyamleng tenan.

Buah sukun enak karena buahnya tanpa biji, juga rasanya empuk bila sudah dimasak. Empuknya itu seperti roti. Itulah kenapa orang-orang Eropa mengenal sukun sebagai “buah roti”.

Di samping buahnya terasa enak setelah dimasak, daun sukun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini karena daun sukun mengandung asam amino esensial, riboflavin, hidrosianat, asteilcolin, dan tannit.

Kandungan zat yang terdapat dalam daun sukun tersebut bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, mengobati asam urat, dan mengobati sakit jantung. Sukun juga termasuk salah satu tanaman yang memiliki efek insulin yang dapat menurunkan kadar gula darah. 

Kandungan yang bermanfaat dalam daun sukun juga sebagai obat penyakit ginjal. Hal ini karena daun sukun mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol. Kalium membuat batu ginjal berupa ca-oksalat tercerai-berai. Selanjutnya, endapan yang terjadi akan mengalir keluar bersama dengan urin.

Agar lebih mudah merasakan manfaat dari daun sukun, kini tersedia Teh Daun Sukun Laasyaka. Bagi para sahabat yang ingin pesan, silakan SMS /WA ke 085-7010-73737. Harga per kotak (berisi 20 kantung celup teh) Rp.20.000.

Demikianlah, Sob, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita bersama.

Salam dari Jogja.

25 komentar:

  1. waaah udah lama ga nyobain buah sukun, belum pernah juga nyoba teh daun sukun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo lho, Mbak Kanianingsih, musim hujan gini enak goreng sukun :) Ohya, teh daun sukun juga enak kok, Mbak, bermanfaat buat kesehatan lagi.

      Hapus
  2. Wah jadinya teh rasa daun sukun ya? Udah dijual dimana-mana kah? kok saya baru denger ya haha boleh deh dicoba :3

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak, teh daun sukun. Bila ingin mencoba silakan SMS / WA ke nomor tersebut. Nanti teh akan dikirim via Pos.

      Hapus
  3. kalo buah sukunnya pernah makan, rasanya mirip2 talas. kalo daunnya baru tau bisa buat obat ginjal. Nice info pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buah sukun enak ya, Mbak Wuri Wulandari. Iya, Mbak, daun sukun banyak manfaatnya. Makasih yaa.

      Hapus
  4. Lho, jadi daun dari buah sukun ternyata bisa menjadi obat ya. Saya baru tahu. Tahunya, buah sukun enak di makan, krispi juga dijadikan keripik hehe. Terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Gilang Maulani, daun sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buahnya juga oke, dibuat keripik juga sip. Sama-sama, makasih juga telah singgah kemari.

      Hapus
  5. Pertama kali tau buah sukun itu ada saudara yg buah tsb di.buat gorengan yg saya kira talas uk. Besar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya ya, Mbak Sie-thi Nurjanah. Sukun enak, talas juga :)

      Hapus
  6. Paling suka criping sukun😀
    Baru tahu pak..ternyata daunnya menyimpan bnyak manfaat yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Criping sukun kemripik ya, Mbak Sulis (Bunda Raka-Alya). Betul, Mbak, daun sukun menyimpan banyak manfaat.

      Hapus
  7. aku suka buahnya hehe, digoreng kering sambil ngeteh, enaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, cocok banget itu, Mbak Evrinasp, menikmati buah sukun goreng sambil ngeteh. Nyamleng tenang.

      Hapus
  8. Sukun digoreng teping enak... kalo udah mateng banget baunya harum, mirip nangka. Baru tau juga ada teh daun sukun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu Mbak Retno Kusumawardani, di antara yang saya suka dari buah sukun ketika dimasak adalah aromanya, harum mirip nangka.

      Hapus
  9. Orang Eropa kenal buah sukun juga ya? Hebat dong ya bisa sampe sana.
    Di kebun bapak ada beberapa pohon dukun tuh. Ternyata daunnya bermanfaat ya.... Selama ini cuma ngambil buahnya aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Wian, ini di antaranya karena adanya kolonisasi Eropa di tahun 1700-san sampai 1800-san sehingga sukun menyebar ke mana-mana. Betul sekali, daunnya juga sangat bermanfaat.

      Hapus
  10. Sukun di goreng trus di taburi gula dimakan anget2 pasti enak banget hahaha

    BalasHapus
  11. saya suka buah sukun, digoreng maupun dikukus. kalo dikukus dimakannya menggunakan kelapa parut. tapi kalo daunnya, saya blm pernah nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Santi Dewi, buah sukun dikukus maupun digoreng sama enaknya. Daunnya dibuat teh ya rasanya tidak begitu beda dengan dauh teh pada umumnya.

      Hapus
  12. saya pernh makan buah sukun nih mas di goreng pke tepung, mirip bgt rasanya sm ubi/ketela ya..
    cpet kenyang dan gurih jg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buah sukun digoreng pakai tepung memang enak banget rasanya ya, Mbak Rahayu Wiandra. Lembut rasanya dan mengenyangkan.

      Hapus
  13. di kebun orang tua saya ada sukun... baru tau kalau daunnya bisa utk menurunkan kadar kolesterol... kasih tau ah...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...