16/02/17

Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Lezat Ambil Sendiri di Dapur

Sepiring nasi berlauk mangut lele yang lezat
(foto teman redaksi Tera)
Seusai diskusi tentang buku di Penerbit Indonesia Tera, saya diajak Mas Tepe untuk makan siang di Warung Mangut Lele Mbah Marto. Tentu saja saya tidak menolak karena sesungguhnya sudah lama saya ingin menikmati masakan khas tradisonal di warung legendaris ini.

Bersama beberapa redaksi kami langsung berangkat. Sahabat yang ingin juga ke warung yang terkenal mblusuk di tengah kampung ini, sesungguhnya tidak sulit kok menuju ke warung ini.

Rute Menuju Warung Mangut Lele Mbah Marto

  • Dari arah Kota Jogja langsung saja menuju ke Jl. Parangtritis. Setelah ketemu Kampus ISI (Institut Seni Indonesia), pelan-pelan saja dan perhatikan arah kanan. Setelah ketemu gang/jalan yang ada plang bertuliskan Java Adv dan bertuliskan arah ke Dusun Geneng, segera belok kanan dan masuk ke gang/jalan tersebut. Ohya, tanda lainnya, di pojok gang/jalan itu ada kantor Banser Bantul.
  • Ikuti terus gang/jalan tersebut sampai ketemu  plang Java Adv lagi yang mengarah atau belok ke kanan. Masuk pelan-pelan sampai ketemu Gang Nyi Ageng Serang. Nah, di situlah tempat Warung Mangut Lele Mbah Marto.


Ambil Sendiri Langsung di Dapur Tradisional

Inilah asyiknya makan di Warung Mangut Lele Mbah Marto, di samping rasanya yang memang lezat, juga pembeli dipersilakan untuk mengambil sendiri di dapur tradisional dengan pembakaran kayu di tungku yang masih menyala. Asap dapur terasa begitu khas di sini. Terasa banget betapa nikmatnya makan di desa.

Setelah mengambil menu, saya tak sabar menikmati mangut lele yang sudah di piring. Ternyata benar, mangut lele terasa lezatnya. Sebelum dimasak mangut, lele terlebih dahulu diasapi. Sungguh, ini terasa banget hingga meresap ke daging lelenya. Semakin nikmat karena masakan Mbah Marto cenderung agak pedas. Makan rasanya ingin nambah saja :)

Warung Mangut Lele Mbah Marto (foto Kedai JO Istimewa)

Monggo... dipilih sendiri menunya (foto Kedai JO Istimewa)

Berfoto bersama Mas Tepe (foto teman redaksi Tera)

Silakan ya, Sob, bila ke Jogja monggo diagendakan juga ke Warung Mangut Lele Mbah Marto. Di warung ini sahabat akan melihat di dindingnya banyak foto tokoh dan selebritis yang pernah kemari. Ini artinya apa? Artinya adalah: ga rugi dah kemari, hehehe…

Salam dari Jogja,
Akhmad Muhaimin Azzet

48 komentar:

  1. Sedap banget pak.... Belum pernah makan lele di yogyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Uci, makan mangut lele di warung Mbah Marto ini sedap banget. Monggo, Mbak, diagendakan :)

      Hapus
  2. Itu dekat ISI, asik tuh pak bisa ngambil sendiri. Anak kost itu mah..hehe

    Sepedahan kesitu dekat ya, Pak..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mas Andi Nugraha, dekat dengan ISI. Sepedaan dari tempat Mas Andi juga ga jauh tuh, hehehe...

      Hapus
  3. Lumayan jauh ya sampai ISI Mas. Tapi peampakannya menggiurkan sangat hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Wahyu Widyaningrum, dari kota lurus menuju Jl. Parangtritis, bila sudah sampai ISI, nah... di belakang kampus tersebut.

      Hapus
  4. Mantap banget kalau ke sini pak. Saya pernah dulu kulineran sama teman ke sini, langsung ke dapurnya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap ya, Mas Nasirullah Sitam, ambil sendiri ke dapur dengan asap dari tungku yang menebarkan aroma khas :)

      Hapus
  5. sayangnya saya kurang terlalu suka sama lele ini, padahal proteinnya tinggi katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lele di sini dimasak dengan gurih, Mbak Evrinasp, rasa amisnya hilang, berganti dengan daging lele yang khas usai diasapi :)

      Hapus
  6. PEnasaran harganya berapaan ya Mas Azzet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai harga memang sedikit di atas pecel lele yang biasanya ada di kaki lima, tapi karena ambil sendiri, lelenya dimasak mangut yang lezat, harganya termasuk wajar kok, Mbak.

      Hapus
  7. Warungnya terlihat sederhana. Tapi menunya itu loh mang hehe ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warung atau rumah sekaligus tempat berjualannya memang sederhana, Mas Imron Fhatoni, tapi... memang betul, rasa menunya memang tidak sesederhana tampilannya, maknyuss...

      Hapus
  8. Warungnya sederhana ya Pak...tp warung ini tenar sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak Sulis (Bunda Raka-Alya), sederhana, tapi warung ini terkenal sekali.

      Hapus
  9. WAh top markotop om... ane demen banget yang sederhana n Indonesia banget gini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiippp, inilah masakan Indonesia yang lezat rasanya :)

      Hapus
  10. sederhana tapi memorable yaaa plus enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah, Mbak Ratu SYA, silakan bila suatu saat ke Jogja monggo diagendakan ke warung ini :D

      Hapus
  11. wahhhh ternyataaa di jogja ada beginiaannn, aku engga tauuuu :( ketoke apik yaaa,,,, walaupun rada di pelosok temptnya, ta catet dlu deh ntar semoga juli ini pas ke Jogja bisa mampir sanaaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, sip... Mbak Reski Amalia Nurpratiwi, silakan besok Juli pas ke Jogja bisa mampir kemari, hehe...

      Hapus
  12. Sedep tenan niki pak ustadz,suasana juga mendukung.saat perut lapar,smua makanan terasa enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa masakan yang sedep, suasana yang mendukung, dan makan saat lapar adalah paduan yang sangat pas ya, Mbak Cii Yuniaty, hehehe...

      Hapus
  13. Lumayan jauh untuk mencicipi kuliner mangut lele

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya bila sudah di Jogja maka tempat Mbah Marto jadi terasa ga jauh ya :)

      Hapus
  14. Yaa Allah kangen mbah marto, kangen sambel nya trus lele nya manja banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, MazToro, monggo ke Jogja lagi, ke Mbah Marto lagi, jalan-jalan dan kuliner manja di Jogja.

      Hapus
  15. Mantap..
    Ane hobby banget kalau lele di pecel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Indra Hidayat, apalagi yang pedas ya :)

      Hapus
  16. waaah menu sederhana nya bikin aku ngiler :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak Ami Hammi, menu sederhana yang nikmat sekali.

      Hapus
  17. Asyik banget ya pak bisa ambil sendiri jadi bisa lihat proses masaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Huda, bila datang langsung diminta ke dapur untuk ambil sendiri. Di dapur tentunya kita juga melihat proses masaknya.

      Hapus
  18. Duh jogja, makanannya enak-enak yaaaaa. Bikin lapeeerrr. makasi infonya ya mas, inshaAllah kalo mampir Jogja mau kesini juga aaaah. Hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya Mbak Adriana Dian, di Jogja banyak makanan enak-enak dan murah-murah. Monggo bila ke Jogja diagendakan kulinernya :)

      Hapus
  19. nambah ne referensi wisata kuliner.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip, Mas John Poerba, silakan wisata kuliner di Jogja.

      Hapus
  20. Ah, jadi laper lihat postingan ini. Wwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, memang bikin laper kok, Mas Mirwan Choky, ini makanan :)

      Hapus
  21. Jadi bikin ngiler ini lihat makanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Liswanti Pertiwi, suatu saat kalau ke Jogja silakan mampir ke mangut lele Mbah Marto yaa...

      Hapus
  22. Perasaan aku udh baca artikel ini, BTW mungkin aku lupa berkomentar, aku aslinya kurang suka sama ikan lele hehr
    tapi mungkin olahan yang ini bisa aku coba terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lupa ya, Mbak Maya. Betul, Mbak, cara masak juga mempengaruhi selera. Semoga cocok dengan lele bila suatu saat ke Mbah Marto.

      Hapus
  23. wah la ini pak mantap pagi" lihat beginian hehe

    BalasHapus
  24. waah unik ya
    prasmanannya di pawon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, unik dan khas ya, Dija :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...