07/03/18

Soto Daging Sapi Lamongan Cak Ngun dan Cak Sodik yang Enak

Semangkuk soto yang menggugah selera.
Ada dua warung soto di Jogja yang sering saya datangi bila ingin atau sedang kangen soto Jawa Timuran. Bila ingin soto ayam, jujukan saya ke Soto Lamongan Cak Muji. Tapi, bila ingin soto daging sapi, biasanya saya ke Warung Cak Ngun dan Cak Sodik ini.

Warung soto Cak Ngun dan Sodik memang spesial soto daging sapi. Letaknya di Jl. Veteran. Atau tepatnya tidak jauh dari XT Square Yogyakarta (dulu Terminal Umbulharjo).

Nama warung ini memang unik, yakni penggabungan dua orang. Memang yang jual di warung ini bergantian, yakni Cak Ngun dan Cak Sodik. Mereka berdua buka secara bergantian.

Biasanya jam 6 pagi sudah buka. Nanti tengah siang, bergantian dengan yang satunya. Oleh karena itulah, gerobak soto di warung ini ada 2, di sisi kanan dan kiri.

Tapi, meski buka bergantian, saya tidak bisa membedakan mana yang enak dan mana yang kurang enak. Sebab, keduanya sama-sama enak. Sepertinya yang masak sama, padahal berbeda. Tentu inilah rahasia bumbu keluarga.

Warung Soto Daging Sapi Cak Ngun dan Cak Sodik.

Rasa kuah sotonya gurih, sedap, agak asin (tentu agak asin ini cocok sama selera saya yang orang Jawa Timur), potongan daging sapinya agak besar, lalu dipadu dengan taoge dan sedikit irisan kobis. Hmmm, nikmak sekali. Apalagi tersedia juga tempe goreng yang kres, perkedel, dan kerupuk. Cocok dah.

Saya pernah makan di sini pagi-pagi, saat makan siang, juga usai maghrib. Sama saja, ramai sekali pengunjungnya. Terutama kalau pagi dan siang. Ini menandakan kalau makan soto di sini enak dan… murah. Misal datang sendirian, bawa uang 20 ribu, makan soto plus minum dan lauk serta kerupuk, berani dah.

Demikian ya, Sob, semoga info kuliner di Jogja ini bermanfaat bagi kita bersama.

46 komentar:

  1. Ya ampuun.... ngiler deh pak hehe... soalnya saya suka banget soto daging :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... iya nih, Mbak Santi Dewi, makan soto daging itu rasanya segerrr :)

      Hapus
  2. wah info kulinernya bikin ngiler mas, paling suka kuahnya seger rasanya, anget-anget mantaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Maya. Saya suka soto itu sukanya juga karena kuahnya, seger gitu kalo buat makan.

      Hapus
  3. Jadi laper pengen makan soto baca postingan diatas...yuukk!! Kita kelamongan..😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, monggo... lho, Mas Satria. Tapi, kalo ingin soto lamongan tentu tidak harus jauh-jauh ke Lamongan. Sepertinya di banyak daerah ada kok yang jual Soto lamongan, hehe...

      Hapus
  4. Saya juga penggemar soto, sayangnya saya kurang suka soto daging, lebih suka soto ayam.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bila soto ayam biasanya saya ke soto Cak Muji yang ada di Jl. Kusumanegara :)

      Hapus
  5. wuih enaknya soto saging sapi lamongan, saya sih ga pernah nyoba ya mas soto sapi lamongan, tapi kalau coba soto sapinya dsni emang enak banget dan ketagihan.. Kapan yaa bisa nyoba soto lamongan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Vika Hamidah, kebetulan saya memang suka soto, termasuk soto madura maupun betawi, hehe...

      Hapus
  6. kalau soto.. lamongan g ada yg ngalahin.. soto lamongan terkenal dimana.. rasanya mantap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, di antaranya saya suka karena bumbunya khas dan ada koyanya.

      Hapus
  7. Soto.. kmi juga penyuka soto pak. Soalnya bisa untuk anak2 ato dewasa juga dah ngenyangin..

    Tp klo yang ini..blm nyoba semua. Bisa jd referensi klo pas dolan ke selatan. Mksh infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila suatu saat dolan ke arah selatan, bisa dicoba nih, Mbak...

      Hapus
  8. Waduhhhhhh sotonya mas...... bikin air liur jadi netes ngk kerasa... :)

    BalasHapus
  9. Unik ini konsep jualannya pak. Satu warung buat berdua. Bisa ngirit buat sewa tempatnya, patungan mungkin. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul sekali, Mas Wisnu Tri, tentunya ini juga bentuk kerukunan yang baik sekali.

      Hapus
  10. Cak Nun mengingatka ke salah satu penceramah di Jogja, cak nun yang sama kah? tapi soto daging memang enak sech.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu soto Cak Ngun, Bang, bukan Cak Nun, tentu orang yang berbeda, hehe...

      Hapus
  11. Wuih potongan dagingnya mantep banget

    BalasHapus
  12. favoriiiiit. sepupu sha ada yang nikah sama orang lamongan. Nah, tiap ke rumah nya selalu minta di bikinin soto :D

    btw mas, sha di jogja tanggal 14. Hayu meetup. sama andi juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu, Pak. Nanti saya WA, siapa tahu Pak Akhmad bisa juga. Tadi saya udah kontak mas Andri (pi-sang[dot]com) juga, siapa tahu bisa biar makin rame..he

      Hapus
    2. Soto daging sapi memang yess ya, Mbak Vanisa.

      Ohya, mohon maaf ya, Mbak, juga Mas Andi, sayang sekali saya tidak bisa ikut bertemu pas ke Jogja. Semoga di lain waktu ya...

      Hapus
  13. Pengalaman saya nyobain soto Lamonga di Jogja selalu nagih, Pak..he
    Jadi pengen soto lagi nih, padahal baru kemarin beli soto Lamongan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sama ya, Mas Andi, saya juga suka soto lamongan. Betul, memang nagih :)

      Hapus
  14. Wadaw. baca kek gini belum sarapan jadi pengen. Sedeppppppp!!! he

    BalasHapus
  15. Duh.. malam-malam gini malah jadi laper liat sotonya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soto memang cocok untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam ya, Mas Rudi...

      Hapus
  16. Aku juga pernah coba soto, persis seperti ini di jogja di jalan veteran. Apa jangan jangan soto ini y? Enak sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dahulu, di Jalan Veteran hanya warung ini yang jualan soto lamongan, meski tempatnya bukan pada yang sekarang. Tapi, sekarang sudah ada beberapa soto lamongan di Jalan Veteran.

      Hapus
  17. Bukannya soto dimana-mana rasanya gitu-gitu aja ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda dong, Mas. Saya juga kalau di Jogja, makan soto rempah sama soto Lamongan itu berbeda. Pensara? Cobain aja, Mas, makan soto dari dua tempat yang berbeda..he

      Hapus
    2. Iya, Mas Riza, betul apa yang dibilang Mas Andi, soto daerah yang satu dengan soto daerah yang lain tentu saja berbeda rasa khasnya. Coba deh, hehe...

      Hapus
  18. Wahhh soto yang agak asin dan gurih? Selera saya juga tuhhh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya lebih mantap ya, Mbak Fransisca Williana Nana.

      Hapus
  19. Duh, enak banget soto nya jam segini ngeliat soto jadi gimaanaa gitu murah pula harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sarapan soto memang oke ya, Mbak :)

      Hapus
  20. Salah satu makanan favorit saya ini :D Hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tak jemu dengan soto, hehehe...

      Hapus
  21. Wah enak tapi hati hati kolesterol hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, asal ga sering-sering ya, Mas...

      Hapus
  22. Soto iya, wah jadi Pengen coba dua-duanya.

    BalasHapus