03/04/17

Tengkleng Hohah! Kuliner Balungan Kambing yang Maknyoss

Warung Tengkleng Hohah! Jl. Wonosari Jogja
Saya termasuk suka dengan berbagai masakan berbahan daging kambing. Sate dengan bumbu kacang ala Jawa Timur maupun berbumbu kecap ala Jogja; demikian pula bila dimasak gulai (gule) yang cenderung gurih dan asin maupun dimasak tongseng yang cenderung nikmat dan manis; bagi saya cukup satu kata: dari dulu saya suka.

Termasuk balungan (tulangnya) yang dimasak tengkleng. Tentu ini termasuk seni makan dari yang berbahan kambing yang asyik. Karena sisa-sisa daging kambing yang masih nempel di tulang itu mesti kita klamuti (apa ya bahasa Indonesianya) dengan sabar.

Itulah kenapa, Warung Tenkleng Hohah! yang berada Jl. Wonosari KM.7, seberang POM Bensin Mantup, membuat tagline “Nikmatnya Klamutan Balungan”.

Tentu saja warung ini menarik perhatian saya untuk mencobanya. Ternyata sesuai dengan namanya: Tengkleng Hohah! Saat saya menikmati seporsi tengkleng, keringat begitu saja membentuk butiran-butiran mutiara di dahi. Rasa pedasnya mantap berpadu dengan rasa sedikit asam yang saya suka. Menurut saya, inilah Kuliner Balungan yang Maknyoss.

Seporsi tengkleng hohah yang manyoss

Selain tengkleng yang pedas, ada kicik balungan yang cenderung manis

Bagi sahabat yang tidak begitu suka pedas, bisa memesan tengkleng yang dikurangi cabenya. Atau, bagi sahabat yang suka manis, bisa memesan kicik balungan yang dimasak cenderung manis.

Warung yang tidak begitu jauh dari Ringroad ini, sekitar lima menit perjalanan dari Ringroad bila lancar, buka jam 10 pagi sampai jam 9 malam.

Demikian ya, Sob, semoga info kuliner Jogja ini bermanfaat bagi kita bersama.

Salam dari Jogja,

45 komentar:

  1. Tagline nya jozz gandos ya Mas. Belum pernah sampai sana. Jl Wonosari, lumayan jauh ya dari kodya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Wahyu Widyaningrum, jozz gandos, hehehe...
      Kalo lewat Rejowinangun terus lurus ke Jl. Wonosari sebenarnya ga terlalu jauh kok, Mbak :)

      Hapus
  2. Itu balungan gitu dimakannya gk keras ya, Pak ?
    Ini punya mas Saptuari ya, Pak ? oh, iya harganya satu porsinya berapa ?
    Saya penasaran udah lama, tapi tempatnya lumayan jauh..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo balungnya tentu keras, Mas Andi Nugraha, tapi yang dimakan ini sisa-sisa daging yang masih nempel di balung, hehehe... Untuk tengkleng ukuran biasa harga terkini barusan saya cek di facebooknya 30 ribu, Mas. Oh ya, betul sekali, Mas Saptuari yang menggerakkan sedekah rombongan.

      Dari tempat Mas Andi Nugraha ke Tengkleng Hohah! sepertinya ga terlalu jauh kok, Mas, nyepeda sore-sore :)

      Hapus
  3. wah jadi mikir bahasa Indonesianya di klamuti itu apa pak? hehehe
    mungkin "menggigiti sisa-sisa daging di antara tulang" *lah malah aneh XD

    wonosari itu masuknya yg ringroad selatan berati nggih pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, intinya semacam itu ya, Mas Wisnu, menggigiti sisa-sisa daging di antara tulang :)

      Betul, Mas, dari Ringroad timur terus ke Ringroad selatan.

      Hapus
  4. waa...deket kampung asliiku ini Pak, tapi aku malah belum pernah nyoba tenglengnya sana. porsinya mantep yaa... jadi pengen ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, deket kampung asli njenengan deket situ tho, Mbak. Siiip, Mbak, kapan-kapan monggo dicoba :)

      Hapus
  5. mantap pagi2 gini baca artikel kang ahmad langsung pengin langsung makan tengkleng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, monggo lho, Kang Komar... segera makan tengkleng :)

      Hapus
  6. Saya tidak suka pedas, dan masakan ini mampu membuat saya ingin segera pesan tapi kok jauh ya, mas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesan yang tidak pedas bisa kok, Mbak Lisa Nel. Monggo lho, kalau suatu saat ke Jogja.

      Hapus
  7. klo lagi pusing2 enak nih makan tengkleng apalagi hohah gitu berarti peudess yo mas.. kebayang di film2 makan tulang segede gitu trs diklemut2 hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, langsung pergi tuh pusing :) Bisa puedes, agak pedes, atau pedes dikit saja, hehe... tinggal pesan.

      Hapus
  8. Sepertinya recomended sekali nih warungnya buat dikunjungi, secara dari gebernya aja sudah mengundang selera gitu. Kalau saya mungkin cabenya agak dikurangi ya karena nggak tahan pedas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Recomended, Mbak Anjar Sundari, saya suka dengan rasa tengklengnya, apalagi ada rasa sedikit asamnya. Ohya, bila tidak tahan pedas memang bisa pesan agar cabenya dikurangi.

      Hapus
  9. Aku tahu tempatnya, karena aku sering melewatinya. Tapi sayang nih, harga tidak dicantumkan, biar aku berani masuk dan menikmati. Takut kantong kurang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo, sering lewat jalan situ tho, Mas Djangkaru Bumi. Ohya, harganya masih di kisaran pada umumnya kok, Mas.

      Hapus
  10. Kelihatannya enak. Aduh, muoeng plus ngiler nih. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, marai kepengin ya, Mbak Anisa Ae :) Memang enak kok rasanya.

      Hapus
  11. referensi bagus nih, ntar pas ke jogja bisa dicoba kayaknya enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, Mbak Eni Rahayu, bila ke Jogja silakan mampir ke Tengkleng Hohah!

      Hapus
  12. Tfs mas. . udaah lama gak ngerasaain tengkleng lg nih. Bisa jd tempat rekomendasi buat wisata kuliner. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Lucky Caesar, terima kasih banyak telah singgah kemari yaa...

      Hapus
  13. salam kuliner saya suka penasaran dengan kuliner yang disampaikan
    cukup menantang indera perasa untuk menikmati kuliner unik ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip, Mbak Maya, selamat berkuliner, hehe... Makasih banyak ya telah berkunjung kemari.

      Hapus
  14. Waaaaaaa kambiiiiiiiiiiinggggg....

    Aku gak suka :( hahaha Eh itu porsinya gede juga yak. Gilak,, gimana cara ngabisinnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang suka kambing tentu mudah menghabiskan seporsi tengkleng itu, Mbak, hehehe...

      Hapus
  15. Hohah! Pastu pedessss ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mas Mirwan Choky, memang pedas, tapi bagi yang tidak suka pedas bisa minta cabenya dikurangi kok :)

      Hapus
  16. Nek iki bener-bener maknyosss mas :D
    mantep kalau disantap pas hujan dan hawa lagi dingin..

    BalasHapus
  17. Platingnya unik ya kang. Rasanya belum pernah nyoba sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Rico Sinaga, semoga suatu saat bisa nyoba.

      Hapus
  18. duhhh aku merinding ngeliat tengklengnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, berarti tidak begitu suka masakan kambing ya, Mbak Evrinasp.

      Hapus
  19. Belum pernah makan tenkleng.
    Jadi penasaran rasanya gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Rudi, tengkleng ini kalau dari bumbunya agak mirip dengan gulai, tapi lebih bening dan ada rasa asamnya.

      Hapus
  20. sate dan gulai, saya suka, tapi tengkleng, saya blm pernah nyoba. Di Serang gak ada pak ustad hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tengkleng memang banyak di daerah Solo dan Jogja, Mbak. Jenis masakan ini enak karena bumbu kuahnya terasa segar juga asyik mengambili daging yang tersisa di sela-sela maupun yang masih menempel di tulang.

      Hapus
  21. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Amazzet.... kalau makan daging kambing saya suka masakan kari pekat atau sup. Tengkleng itu seperti tulang sahaja berbalut sedikit daging. Maaf kalau salah memahami tulisan di atas. Menurut saya, apa sahaja masakan kambing sangat lazat kalau tahu memasaknya. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh,
      Kambing dimasak kari pekat atau sup, waah... tentunya itu enak sekali, Mbak Fatimah. Ohya, betul... tengkleng itu memang masakan tulang kambing, daging utamanya memang untuk dimasak sate dan tongseng (mungkin semacam kari pekat begitu?). Salam juga dari Jogja Indonesia ya, Mbak.

      Hapus
  22. tengkleng kelangenan saya mas.. hmm, mesti nyoba kalo ke jogja

    BalasHapus
  23. yang kolesterolnya tiggi hati-hati makan tengkleng ini yah, sedikit aja jangan buat harian dan jangan banyak-banyak, jaga kesehatan

    BalasHapus
  24. wahhh lihat aja udah nikmat bgt pak ahmad... masyaallah alhamdulillah matur nuwun sanget pak sudah berbagi nikmatnya... lama gak maen ke sini nih sukses terus ya pak...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...