23/07/24

Di Sudut Kolam Ikan, Hati Tenang Sekaligus Senang

Ikan-ikan bermain di dalam kolam.
Ada sebuah sudut, yang sering aku datangi, di rumah sekaligus juga pondok bagi para santri tahfidz Cinta Qur'an ini. Sudut kolam ikan. Rasanya nyaman duduk berlama-lama di sini. Memperhatikan ikan-ikan yang sedang berjalan kesana-kemari di dalam kolam. Ikan-ikan yang rukun, ada koi, nila, patin, dan sapu-sapu. Ikan koi sebagai ikan hias, ikan nila dan patin untuk dikonsumsi bersama para santri, sedangkan ikan sapu-sapu sengaja saya pelihara katanya berfungsi sebagai pembersih kolam.

Ikan-ikan ini saya beri makan pelet sehari dua kali. Pagi jam enam dan sore jam lima. Sepertinya dua kali sudah cukup karena di dalam kolam juga saya kasih eceng gondok. Tanaman eceng gondok ini di samping sebagai penghias kolam, agar lingkungan di kolam seperti di alam, juga dimakan oleh ikan-ikan; ketika saya perhatikan, kelihatannya yang makan eceng gondok ikan nila dan koi. Kira-kira sebulan eceng gondok itu habis yang selanjutnya saya carikan lagi eceng gondok di pinggir sungai.

 

Saat menyenangkan, saat memberi makan ikan-ikan.

Saya suka berlama-lama di pinggir kolam ikan, atau tidak jarang saya di atas jembatan kecil yang ada di atas kolam ikan ini. Memperhatikan ikan-ikan yang sedang bermain-main gembira dengan teman-temannya. Apalagi bila baru saja pulang dari masjid atau bepergian, biasanya tempat yang saya lihat adalah kolam ikan ini. Rasanya hati tenang sekaligus senang. Apakah ini yang dinamakan hobi? Saya merasa, di antara hobi saya adalah memelihara ikan-ikan.

Eceng gondok, penghias kolam ikan, juga dimakan ikan-ikan.

Para sahabat yang membaca tulisan ini, tentunya juga punya hobi kan? Boleh juga diceritakan di kolom komentar dalam blog ini. Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan sederhana ini. Semoga sehat selalu dan salam dari Jogja.

14 komentar:

  1. Melihat ikan-ikan di kolam memang bikin hati dan pikiran jadi adem ya pak melihat tingkah polah dan gerakkannya, sama seperti kucing,lucu tapi gak tahan dengan kotorannya...hobi saya apa ya.. selain mendengar musik pelan" saya juga suka membuat menu baru, eh itu hobi apa memang tugas saya sebagai ibu ya.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendengar musik pelan tentu indah dan nyaman ya. Membuat menu bila itu hobi maka menjadi tugas yang menyenangkan, hehe.

      Hapus
  2. Oooo di sana dipanggil ikan sapu-sapu, di tempat kami dipanggil ikan bandaraya. Hobi saya mempelajari pelbagai resipi masakan pelbagai kaum di negara sendiri dan juga negara lain. Satu lagi sudah tentunya berjalan-jalan ke negara orang untuk melihat alam ciptaan Allah disamping mengenali budaya hidup masyarakat selain negara sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, disebut ikan sapu-sapu. Tentu membuat resep masakan dan jalan-jalan adalah hobi yang sehat dan menyenangkan ya.

      Hapus
  3. ikan bandar raya ni, bila dah besar janganlah dilepaskan ke sungai. habis nanti dimakan spesies2 yang lain... di masa hadapan bimbang anak anak tidak kenal ikan local...

    hobi saya travel... mencari pengalaman dan mengagumi kehebatan Yang Maha Esa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti tidak dilepas di sungai ya ikan bandaraya. Itu travel merupakan hobi yang menyenangkan ya. Semoga sehat selalu.

      Hapus
  4. Bagus dan nyaman banget sudut yang ada kolam ikannya itu ya...kelihatannya kalau lihat ikan hilir mudik dan ada tanaman diantaranya mata jadi seger, apalagi ditambah suara gemericik kolam...wah fresh rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu sudut yang paling sering saya kunjungi ketika di rumah, hehe.

      Hapus
  5. Saya juga bakalan bisa berlama-lama di tempat yang indah seperti ini, ditemani sama ikan-ikan lucu yang hilir mudik.
    Saya orang rumahan, hobi bikin craft dan praktek masakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang rumahan nyaman ya berlama-lama di rumah, apalagi dengan kegiatan-kegiatan rumah.

      Hapus
  6. Saya juga betah sih berlama-lama di pinggir kolam sambil liatin ikan. Salah satu refreshing murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, refreshing murah, cukup di rumah, tidak perlu pergi-pergi ya.

      Hapus