28/08/20

Wedang Angsle Khas Jawa Timur Ada di Jogja

Wedang angsle yang nikmat.

Sejak kecil di Jombang, Jawa Timur, saya senang dengan Angsle. Waktu itu, sekitar tahun '80-an, di desa saya, Sumberwinong, Banjardowo, satu-satunya penjual angsle bernama Densu (nama lengkapnya saya lupa). Ia jual di depan rumahnya.

Wedang angsle merupakan minuman yang terbuat dari santan, ketan, kacang ijo, potongan roti, mutiara, dan beberapa campuran lainnya. Biasanya disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Saya masih ingat betul, waktu saya kecil ketika beli angsle di Densu mesti antri karena saking banyaknya pembeli.

Mas Fahmi sedang meracik angsle.

Kini saya tinggal di Jogja. Bila kangen dengan minuman khas tersebut ada penjual wedang angsle di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo, Sleman. Tepatnya berada di depan BPR UGM Kantor Kas Tajem. Pemiliknya bernama Mas Mustofa. Biasa berjualan bersama Mas Fahmi putranya. Buka sore hari sampai malam. Biasanya jam 9 atau 10 malam sudah habis.

Saya, Mas Mustofa, dan Mas Fahmi.

Apabila sahabat ingin merasakan hangat dan nikmatnya angsle Kang Mustofa, ancer-ancernya bila dari SPBU Lottemart, belokan Jl. Ringroad Utara Maguwoharjo, ikuti jalan terus ke utara yang mengarah ke Stadion Maguwoharjo. Setelah bangjo Pasar Stan pelan-pelan saja jalan ke utara, nanti di kiri jalan ada tulisan Wedang Angsle. Nah, di situ tempatnya, berseberangan jalan dengan nasi gandu khas Pati.

Demikian ya, Sob, semoga info kuliner ini bermanfaat bagi kita bersama.

32 komentar:

  1. apa sama rasanya dengan wedang yang diyogya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angsle yang di Jombang dengan wedang angsle yang di Jogja sama rasanya, Mas Fajar Herlambang.

      Hapus
  2. belum pernah merasakannya pak, jd penasaran. di cirebon juga belum ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya manis hangat swegerrr, Bu Tira Soekardi.

      Hapus
  3. Waaah asiik iki .., di Yogya sekarang ada penjual wedang angsle.
    Kangen minuman bersantan ini bakalan terobati karena di kotaku tinggal ngga ada penjualnya dan terakhir kali aku ngewedang angsle malah di Jakarta.

    Di kampung2 Jakarta uniknya malah banyak pedagang kelilingan wedang angsle, mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip, Mas Himawan Sant, monggo bila selo bisa dicoba sekaligus liputan di daerah Maguwoharjo.

      Hapus
    2. Nuwun idenya, nas.
      Kalau aku kebingungan nyari lokasi tepatnya berada dimana,tanya sampeyan boleh ya 🤭 ?

      Hapus
  4. Dolan jogja wajib mampir ni..

    BalasHapus
  5. Wahhh rasanya mantab sekaliii

    BalasHapus
  6. Pancen enak tenan kok wedang angsle

    BalasHapus
  7. Wah ini enak banget kalau dikonsumsi pas dingin-dingin ya, meskipun tinggal di Jatim, saya malah jarang loh makan wedang-wedangan kayak gini.
    Padahal enak, cuman saya jarang nemu yang jual.
    Ada di beberapa tempat di Surabaya, tapi jauh sih dari tempat tinggal saya :)

    BalasHapus
  8. ini apanya SMK tajem ya
    aku daerah sini taunua sekitaran SMK aja soalnya kadang transit transjogja hehe

    lama juga klo pas di YK ga minum angsle
    kalau di Malang wah sering lewat
    soalnya di tempatku, di Tempel dan kayaknya di YK kebanyakan ronde ya.

    BalasHapus
  9. Andai ketike pagi
    Minum wedang Angsle

    :)

    BalasHapus
  10. Di daerahku, Tuban juga ada yang jualan angsle. Biasanya sore sampai malam, pak.

    BalasHapus
  11. Wedang angsle enak dinikmati saat dingin atau musim penghujan, bisa bikin segar badan. Hehehe. Di tempat saya penjual wedang angsle menjamur saat bulan Ramadhan, :)

    BalasHapus
  12. Kalau ada job ke daerah situ bisa jadi ampiran mas... hehehe mantap deh kita sering survey di daerah2 situ

    BalasHapus
  13. baru tau ada minuman angsle, pak.
    Jadi penasaran nih gimana perpaduan rasa ketan, kacang ijo, roti dan lain-lainnya...

    BalasHapus
  14. Kunjungan perdana ke blog ini. Baru denger ini wedang angsle. Maklum, saya tinggal di Jawa barat. Kalau ke Yogya harus mampir ini

    BalasHapus
  15. wah biasanya angsle disajikan dalam keadaan hangat yaa..
    tapi kayaknya seger juga yaa misal kalau dikasih es gitu, biar kayak es dawet wkwk

    BalasHapus
  16. Asik disantap jika cuaca lagi dingin karena hujan nih

    BalasHapus
  17. Hwaa kangen angsle. Di Semarang nggak adaaa :")

    BalasHapus
  18. Jadi penasaran ama rasanya, jadi pengen nyobain.

    BalasHapus
  19. Sampai setua ini saya belum pernah nyoba Wedang Angsle ini, nggak tahu juga di Semarang ada nggak yaa? Yang lebih terkenal sih Wedang Ronde, hehe.

    Tapi pasti enak banget Wedang Angsle ini terutama jika diminum pas malan atau lagi hujan. Hhmmm, penasaran nih jadi pengen nyoba.

    BalasHapus
  20. Aku doyan Angsle dan pengen makan Angsle. Di sini ada di dekat rumah, tapi mungkin beda sama Angsle yang Kakak ceritain. Soalnya penampilan Angsle yang di sini lebih pink gitu dan manis.

    BalasHapus
  21. Sepertinya saya perlu request Mi Ayam paling enak di Jogja. Karena Mi Nusantara sepertinya udah gak ada kemaren pas saya ke Jogja. Salam

    BalasHapus
  22. pernah dengar wedang angsle tapi belum pernah coba.. enak nih mas kalau cuaca dingin menyantap wedang angsle

    BalasHapus
  23. Apa kabar mas Azzet ?.
    Cukup lama belum ada pos terbaru.
    Semoga selalu sehat dan baik kabarnya, ya.

    BalasHapus